Kerajinan benang wol di dinding

Kompetensi Dasar :    
4.1 Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan fungsis hias dari berbagai bahan limbah berdasarkan konsep berkarya. 
4.3 Mencipta karya kerajinan fungsi hias dari berbagai bahan limbah sesuai teknik dan prosedur. 

Halloooo teman-teman, kali ini saya akan membuat kerajinan dari bahan bekas. Kerajinan ini saya buat untuk memenuhi tugas prakarya yang diberikan oleh Bapak Purnomo Wahyudi ST. Bahan yang digunakan dalam membuat kerajinan diharapkan dari bahan bekas yang bertujuan untuk memanfaatkan barang bekas di sekitar kita. 
Sebenarnya apapun kerajianan yang dapat kita buat, bahan yang diperlukan sangatlah terjangkau. Jika kita memiliki semua yang diperlukan. HEHEHE

Alat dan Bahan :
- Gunting
- Lem (Astro)
- Kardus (Potong kardus membentuk persegi panjang dengan ukuran 10x5cm)
- Benang wol (Benang wol yang saya gunakan adalah benang wol sisa dari bahan untuk pembuatan kain rajut yang masih lebih, bisa juga dengan jaket dari benang wol yang sudah usang)
- Tongkat semaphore (Selain menggunakan tongkat semaphore, dapat menggunakan bambu)

Cara membuat :
1. Siapkan semua alat dan bahan yang di perlukan.
2. Ambil benang dan potongan kardus kemudian buat gulungan benang dengan menggunakan kardus tersebut. Gulung-gulung sampai mendapatkan ketebalan tali yang kita inginkan.
3. Setelah mendapatkan ketebalan yang kita inginkan, potong gulungan talinya menggunakan gunting sehingga mendapatkan kumpulan potongan benang seperti pada gambar. Buat beberapa yang sama lagi sebanyak 9 buah.
4. Setelah itu gunting benang wol seperti ini.
5. Selanjutnya tali di sepertiga bagian dari bagian diatas seperti berikut.
6. Potong seutas benang, lalu masukkan benang agar dapat diikatkan di tongkat semaphore. Diikat hingga membentuk huruf v.
7. Proses pengecatan/ pemberian warna pada benang dengan cara menuangkan cat kedalam wadah kemudian campurkan dengan air. Lakukan satu persatu, bagian yang dicat hanya setengah bagian agar terdapat 2 warna. 










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dana Alokasi Khusus